SMP PANGUDI LUHUR AMBARAWA
SMP Pangudi Luhur Ambarawa - Jln. Mgr. Sugiyapranata No. 191 Ambarawa - Indonesia  Telp. (0298) 591328 Fax. (0298) 595094
Selasa, 22 Januari 2019  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


16.01.2018 10:18:57 723x dibaca.
BERITA
MENGGALI SEJARAH MERANGKAI MASA DEPAN : 90 Th. MULO BERTABUR ANEKA KEGIATAN

MENGGALI SEJARAH

MERANGKAI MASA DEPAN :  90 Th. MULO BERTABUR ANEKA KEGIATAN

SMP Pangudi Luhur Ambarawa (SPALA) “Santo Stanislaus Kotska” telah berusia 90 (sembilan puluh)  tahun. Dalam rangka memperingati usia yang hampir seabad dilakukan berbagai acara kegiatan.  Mulai dari Open house SPALA dilaksanakan Sabtu dan minggu (13-14/1/17). Beberapa agenda kegiatan pertama  yaitu   lomba mapindo (mata pelajaran matematika, IPA dan Bahasa Indonesia), edu fair (SMA/SMK), bazaar, aksi sosial, lomba menggambar,  mewarnai, Parenting dan  pentas seni.

Dengan mengambil tema besar peringatan 90 tahun SPALA  “ Mendampingi kaum muda menjadi pribadi yang cerdas dan berkarakter,” kegiatan open house dua hari dihadiri oleh ribuan peserta lomba, pameran dan pengunjung.  Selain open house, kegiatan  lainnya akan  dilangsungkan sampai puncak kegiatan pada bulan Agustus 2018.

Meliputi jalan sehat, lari 5 K dan 10 K yang diikuti orang tua siswa dan masyarakat (6/5/18), temu karya dan temu kangen  yang diikuti oleh guru, alumni dan orang tuas siswa (18/6/18),  alumni  berbagi yang meliputi kegiatan donor darah dan penjualan sembako murah (7/7/18). Berikutnya sebagai puncak  acara dengan  misa syukur bersama Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubyatmoko dan pagelaran Wayang Wahyu Ngajab Rahayu (18/8/18).

Sejarah dan tujuan

Sejarah SPALA sendiri  tidak lepas dari sejarah gereja Katolik Ambarawa, Bruderan FIC dan asrama St. Louis Ambarawa. Awalnya SPALA bernama MULO ( Meeruitgebreid Lager Onderwijs) School Sint Louis. Dan pada tanggal 8 Agustus 1928 MULO resmi didirikan, meskipun pembelajaran sudah dimulai sejak tanggal 30 Juni 1928.  MULO sendiri menginduk kepada Yayasan Kanisius meskipun tanggung jawab sepenuhnya ada pada bruder FIC (Fratrum Immaculate Concepcionis). Dan pada tahun 1954 Yayasan Pangudi Luhur (YPL) didirikan  sehingga MULO St. Louis Ambarawa menjadi SMP Pangudi Luhur Ambarwa (SPALA).

Dan pada tanggal 8 Agustus 2018 SPALA genap berusia 90 tahun.Sebagai ucapan syukur SPALA menyelenggaran berbagai kegiatan yang bermanfaat terhadap pendidikan, lingkungan dan masyarakat.  Rangkaian kegiatan yang  yang dilaksanakan merupakan hasil kerjasama sekolah dengan YPL, siswa, orang tua, alumni dan masyarakat.

Maksud dan tujuan kegiatan perayaan 90 tahun sebagai ungkapan syukur, upaya menjalin kerjasama SPALA dengan instansi pendidikan lain, pemerhati pendidikan, alumni dan masyarakat sekitar. Tujuan lain upaya memberikan pembekalan mengenai penguatan pendidikan karakter anak kepada para pendidik dan orang tua melalui kerjasama dengan para tokoh pemerhati pendidikan. Menumbuhkan integritas, kepedulian social, gotong rotong dan kebersamaam serta membina tali silaturahmi dan kepedulian alumni kepada SPALA.

Ketua Panitia Ir. Ign. Pramana Yuda, M,Si., PhD.,  yang juga Ketua Paguyuban Alumni SMP PL Ambarawa (PAPLA) mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk dan wujud kepedulian alumni kepada almamater.  Maka keterlibatan alumni menjadi bentuk aktualisasi bahwa keberadannya saat ini tidak lepas dari bimbingan, pendampingan saat di SPALA.“ Saya menggunakan momentum kegiatan ini untuk lebih meningkatkan peran dan partisispasi PAPLA untuk ikut mengembangkan almamater,” ucap dosen di Fakultas Teknobiologi universitas Atmajaya Yogyakarta.

Dalam kegiatan ini peran serta teman alumni walau masih terbatas dari mereka yang berdomisili di sekitar Ambarawa namun sungguh luar biasa pelaksanaanya.“ Dan teman alumni masih ditunggu partisipasinya dalam kegiatan lain yang sudah direncanakan, secara khusus bantuan pendanaan dan kehadiranya,” pungkas alumni 1980 dan S3 di University James Cook Australia.   

 

Lomba, edufair, bazaar dan aksi sosial

Oleh karena itu untuk mensukseskan acara berbagai kegiatan pendukung dilaksanakan dengan diawali open house.  Kegiatan dua hari dibuka oleh Kepala Sekolah, Bruder Agustinus Mujiya FIC, S.Pd. M.Pd  di aula sekolah. Selanjutnya dilaksanakan  lomba mata pelajaran matematika, IPA dan Bahasa Indonesia (Mapindo), bazaar, edu fair (SMA/SMK) dan Pentas seni Sabtu (13/1/18). Hari kedua agenda kegiatan  edu fair (SMA/SMK), bazaar, aksi social, lomba menggambar dan mewarnai, parenting dan pentas seni, Minggu (14/1/18).

Seperti dikatakan Kepala Sekolah, Bruder Agustinus Mujiya FIC, S.Pd,  M.Pd., tujuan lomba Mapindo untuk menyiapkan siswa kelas 6 (enam) Sekolah Dasar (SD)  se kabupaten Semarang, untuk menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Maka Panitia mengakomodasi kebutuhan siswa serta upaya mengenalkan sekolah ini (promosi) kepada masyarakat,  demi persiapan tahun ajaran baru. “ paling tidak menunjukkan bahwa SMP PL  masih eksis hingga bisa menjadi pilihan utama dan siap bersaing dengan SMP favorit lain,” ucapnya.

Antusias orang tua di wilayah ini sangat besar, karena lomba ini gratis.Terbukti pendaftaran sudah ditutup sebelum waktunya.  Karena hanya ada 20 jumlah ruang kelas  yang tersedia dan antusias warga sehingga banyak yang ditolak.   “ akhirnya sebanyak  868 siswa kelas 6 SD yang dapat mengilkuti lomba dengan didampingi gurunya masing-masing. Dan sambil menunggu lomba yangdibagi 3 tahap, para guru melihat pameran pendidikan dan bazaar di halaman dalam sekolah,” tandas Bruder Agus.

Dan secara berurutan Juara  lomba Mapindo diraih oleh Adelia Listya Putri, Lourensia Clara Alverina siswa dari Negeri Bandungan 1 dan juara ke tiga Virginia Mutiara Zahra dari SD Negeri Kupang 1 Ambarawa. Masing masing mendapat piagam, tropi, uang pembinaan dan hadiah dari Sponsor. Begitu Pula lomba lain yang diadakan dalam rangkaian 90 tahun SMP PL Ambarawa.

Untuk Edu fair diikuti  19 SMA/SMK se jawa Tengah/ DIY dan bazaar diikuti 6 stand kuliner, 1 tanda bimbingan belajar dan penjualan buku dari Kompas Gramedia Grup (KKG). Lomba melukis diikuti 79 siswa SD (4 ruang), mewarnai 133 siswa (7 ruang), dan masing masing peserta lomba dihantar oleh guru masing masing. Sedangkan pentas seni di aula sekolah,  mulai aneka tari, fashion show dan pentas band selain diisi siswa SPALA, juga partisipasi siswa SMA/SMK peserta ekspo. Selama pentas seni aula selalu penuh sesak karena memang acara dikemas secara menarik.

Sebagai juara dalam lomba melukis secara urut mulai juara satu. Ferdy Bagus AP. (SDN Sudirman Ambarawa), Stevia Pristi Novensia (SDKanisius Girisonta) dan Selviana Cahya B (SDN Kupang 3 Ambarawa. Juara harapan yaitu M. Adna Primastika, Daniel Aditya Surya dan Dewi Kongan K, semuanya dari SD PL Ambarawa. Untuk lomba mewarnai juara pertama Alexandra Kesya DS (SD N Salatiga 02), Yohana Restituta DN ( SD PL Ambarawa), Tysia Niar Ivanalie (SDN Brongkol 3 Jambu). Dan sebagai juara harapan Davina Aprila Kusuma (SD PL Ambarwa), Zuifa Syaiful Aini  (SD Brongkol 3 jambu) dan alaina Slfa Naisa (SD PL Ambarawa). Untuk juara 1 sampai tiga masing masing mendapat piagam, piala, uang pembinaan dan sofenir sedangkan juara harapan piagam, piala dan uang pembinaan.

Untuk aksi sosial disiapkan 250 paket. Yang terdiri dari gula pasir 1 kg,  beras 2 kg, minyak goreng dan mie instan sebanya 9 bungkus dengan nilai Rp. 65.000 kalau di uangkan . Kegiatan aksi social ditujukan kepada masyarakat sekitarnya.Seperti dikatakan Efendy warga kampung Kalipawon Ambarawa merasa bersyukur ikut ambil bagian dalam mendapatkan paket ini.“ aksi ini menunjukkan sekolah Pangudi Luhur peduli kepada masyarakat kecil, sehingga layak di dukung dan menjadi berkat bagi sesama,” ujarnya.

Banyaknya kegiatan dan gratis untuk berbagai lomba dan aksi sosial tidak lepas dari peran serta dan kerja keras dari seksi usaha dan dana panitia (PAPLA). Dengan semangat dan tanpa lelah salah satu seksi usaha MM Sri Susilowati SH.MM., mengatakan  bahwa strategi mencari dana bagi para alumni yang telah berhasil dan sukses, diketuk hatinya untuk mau berbagi dengan  didatangi satu persatu. “ harapannya mereka dengan hati mau membantu demi pemenuhan anggaran 90 tahun SPALA. Nantinya kalau ada sisa  dana dari alumni  untuk pembangunan materil dan immaterial dalam bentuk suport alumni buat SMP PL,”ucap alumni 1979 yang merupakan anggota POLRI.

Parenting

Kegiatan lain yang menarik dan banyak mendapatkan apresiasi adalah  Parenting (pertemuan/pendampingan orang tua) siswa kelas 9 (Sembilan) yang dilaksanakan minggu (14/1/2018) di ruang pertemuan Asrama Pangudi Luhur. Dikatakan Kepala sekolah,  kegiatan ini bertujuan menjembatani kepentingan orang tua dengan sekolah dalam upaya mengembangkan potensi, sifat yang positif dan karakter.

Lebih lanjut dikatakan bahwa parenting diharapkan membentuk generasi berkarakter dan cerdas.  Sehingga dengan maraknya informasi baik positif  dan negatif, siswa dan orang tua bisa intens dalam komunikasi. “ Paling tidak mensinergikan pendidikan di rumah, sekolah dan masyarakat,” tandas Bruder Bruder Agustinus Mujiya FIC, S.Pd. M.Pd.

Guru  Bimbingan Konseling (BK) selaku penangung jawab menambahkan, bahwa kegiatan parenting untuk membekali para orang tua dan guru yang adalah parents siswa dalam memaksimalkan pendampingan. Dari kesanggupan awal 92 orang tua yang mau hadir, kenyataanya menjadi 110 orang, membuktikan kepedulian orang tua kepada kepentingan anak.“ Dari kegiatan ini, harapanya siswa atau anak memiliki  dan mengembangkan soft skill atau kecakapan hidup,” tandas Natalia Prapti Nurhayu.

Sedangkan sebagai facilitator (pembicara) merupakan pakar psikologi, Kristien Hapsari yang juga alumnus SPALA tahun 1995.Dan  merupakan psikolog dari  Psychologia Centre yang berkantor di Bawen Ambarawa. Dalam acara parenting para orang tua tidak hanya diajak bersama mendampingi anak namun diarahkan pada proses pengembangan anak yang cerdas, mandiri dan berkarakter. Tidak lupa beberapa permainan  demi acara semakin menarik dan masuk dalam pola pikir orang tua.

Kesuksesan dua hari kegiatan memang tidak lepas dari kerjasama Panitia ( siswa, guru dan alumni). Maka sangat dimohonkan partisipasi, dukungan dan kerjasama semua pihak dalam kegiatan 90 tahun SPALA yang sudah di agendakan. Ide dan saran bisa disampaikan lewat email di90thspala@gmail.com atau langsung ke seKretariat Panitia SPALA jalan Mgr. Soegijapranata no 191 Ambarawa,  telp 0298 (591328) dan fax 0298 (595094).

 

  Humas/publikasi Panitia, FX Triyas Hadi Prihantoro

 

 








^:^ : IP 3.84.186.122 : 2 ms   
SMP PANGUDI LUHUR AMBARAWA
 © 2019  http://smpplambarawa.pangudiluhur.org/